Kamis, 23 Mei 2013

Cara mengatasi kegemukan

Kegemukan badan sangat rentan terhadap penyakit terutama yang paling sering kena penyakit dari badan yang terlalu gemuk adalah obesitas,diabetes dan lainnya.Lalu mengapa badan mudan menjadi gemuk? Tentunya itu semua tergantung dari apa yang kita lakukan dan apa yang kita makan.Yang dari kita lakukan adalah kurangnya melakukan aktifitas untuk menggerakkan seluruh badan atau kurangnya aktifitas untuk berolah-raga.Dan kemudian untuk yang kita makan adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak terlebih yang suka mengemil makanan.

Kegemukan ini memang menjadi masalah penting dan utama bagi tubuh kita karena efeknya akan membuat badan atau tubuh kita menjadi lambat bergerak,kolestrol,sesak nafas, serta membuat kita malas untuk bergerak.Penimbunan lemak dalam tubuh yang tanpa disertai adanya pergerakan untuk mengolah lemak menjadi karbohidrat membuat tubuh akan menimbun lemak terus-menerus sehingga terjadilah kegemukan atau obesitas.

Sebenarnya ada 2 faktor yang membuat tubuh menjadi gemuk yaitu pergerakan dan makanan.Makanan yang kita makan yang setiap harinya akan dicerna dalam tubuh yang kemudian diolah menjadi sumber energi dan lemak.Energi dan lemak ini akan tersimpan dalam tubuh.Dan apabila energi dan lemak dalam tubuh ini tidak melakukan pergerakan seperti kegiatan olah tubuh atau olah raga maka mengakibatnya terjadinya lemak yang berlebihan.Akibatnya lemak dan energi tersebut hanya diam dalam tubuh dan tidak diolah menjadi karbohidrat dalam tubuh.Inilah yang menyebabkan tubuh menjadi bertambak lemak yang disebut dengan kegemukan atau obesitas.

Lalu,bagaimanakah cara mengatasi kegemukan tadi.Akan diberikan dibawah ini beberapa opsi untuk mengatasi kegemukan tadi berikut penjelasannya :

1.Kurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak.
Kita tahu makanan seperti ini sangat banyak menghasilkan lemak dalam tubuh.Banyak makanan yang mengandung jenis ini seperti lemak hewan (sapi,lembu dan kambing) ,makanan gorengan,dan macam makanan yang diolah dengan menggunakan minyak.Dan kalau untuk lemak hewan biasa ditemukan dalam bentuk hidangan sup atau sejenisnya.

2.Perbanyak Olah Raga.
Olah raga menjadi bagian penting bagi tubuh.Karena dengan olah raga tubuh akan mengubah lemak menjadi karbohidrat yang dijadikan sebagai sumber energi untuk beraktifitas.Semakin banyak kita beraktifitas maka semakin banyak lemak yang akan dibakar menjadi energi.Maka dari itu olah raga memang sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

3.Kurangi Porsi Makanan
Banyak makan sedikit gerak inilah menjadi salah satu efek kegemukan.Ada kalanya kita makan sesuai porsi dari kegiatan kita sehari-harinya.Jangan mengkonsumsi nasi terlalu berlebihan jika tidak melakukan aktifitas berat.Karena ini biasanya tidak seimbang antara makanan yang dimakan dengan pergerakan aktifitas yang dilakukan.Makanlah makanan yang seimbang dan sesuaikan dengan aktifitas setiap harinya.

4.Kurangi Mengemil Makanan
Kalau yang ini kita sudah tahu mengemil artinya terlalu banyak konsumsi makanan ringan seperti makan makanan instan contohnya : kerupuk , cokelat , biskuit, minum es dan lainnya.

5.Laksanakan point 1-4.
Jika anda melaksanakan point 1-4 diatas mudahan hasilnya akan mampun mengurangi kegemukan pada badan anda.Karena cara ini akan membantu anda mengurangi kadar lemak dalam tubuh anda.

Jika memang ada masih ada yang kurang pointnya untuk mengatasi kegemukan badan anda bisa menambahkannya dalam kolom komentar sekedar memberikan masukan dan tambahan yang bermanfaat bagi kita yang bermasalah dengan obesitas badan atau kegemukan.Semoga kita sadar akan pentingnya kemauan untuk menjaga kesehatan bagi masa depan kita.

Description: Cara Mengatasi Kegemukan Badan
Rating: 4.5
Reviewer: infosaja
ItemReviewed: Cara Mengatasi Kegemukan Badan


Read more: http://www.infosaja.com/2013/02/cara-mengatasi-kegemukan-badan.html#ixzz2UB9q0C00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar