Sabtu, 13 Juli 2013

Program latihan untuk obesitas

Program Latihan

APA TUJUAN BERAKTIFITAS DAN BEROLAH RAGA?
Beraktifitas dan olah raga bertujuan untuk membakar lemak sehingga berat badan menjadi turun dan masa otot terbentuk lebih banyak. Pola hidup tidak aktif harus dicegah.
KEBIASAAN SEPERTI APA?
Kebiasaan aktif yang terbentuk sebenarnya sangat sederhana, yaitu membakar kalori sekitar 200-300 kkal/aktifitas, yaitu dengan melakukan aktifitas antara 20 menit hingga satu jam dalam 3-5 kali seminggu.
APA MANFAAT DARI BEROLAH RAGA DAN BERAKTIFITAS?
Manfaat olah raga bukan sekedar untuk menurunkan berat badan, namun banyak manfaat lain seperti meningkatkan kebugaran dan produktifitas, mencegah timbulnya penyakit, memperbaiki penampilan, mencegah penuaan, meningkatkan daya tahan dan memperbaiki pola tidur.
APA BEDANYA OLAH RAGA DENGAN AKTIFITAS BIASA?
Yang dimaksud dengan aktifitas fisik adalah segala gerakan tubuh yang melibatkan gerakan otot, sehingga terjadi penggunaan energi oleh otot. Aktifitas fisik dapat berupa:
  • Aktifitas kerja, misalnya: berbagai jenis pekerjaan  yang melibatkan aktifitas 'otot'
  • Aktifitas rumah, misalnya: berkebun, mencuci mobil/motor dan lainnya.
  • Olah raga, misalnya: jogging, senam aerobik, dan lainnya.
APA SAJA TAHAPAN OLAH RAGA?
Berbeda dengan aktifitas fisik biasa, olah raga mempunyai 3 tahap, yaitu tahap pemanasan sekitar 10 menit, tahap latihan sekitar 20-60 menit, dan tahap pendinginan sekitar 10 menit.
BAGAIMANAKAH MENENTUKAN DOSIS OLAH RAGA?
Dosis olah raga akan dimulai dari dosis kecil lalu dinaikkan dosisnya secara bertahap, yaitu:
  • Dengan menambah beban (intensitas), misalnya dari jalan biasa menjadi jalan cepat.
  • Dengan menambah waktu (durasi), misalnya dari 15 menit menjadi 30 menit dan 45 menit.
  • Dengan menambah frekwensi, misalnya dari 3 kali seminggu menjadi 5 kali seminggu.
Untuk mempertahankan berat badan, olah raga baiknya dilakukan dengan frekwensi 3x seminggu. Sedangkan untuk menurunkan berat badan, frekwensi olah raga baiknya 5-6 kali seminggu, dengan durasi selama  30-50 menit, terus menerus, dengan intensitas : ringan-sedang. Bila berat badan belum turun, bukan berarti olah raga tidak ada manfaatnya.
Semakin tinggi dosis latihan, yaitu frekwensi latihan semakin sering, intensitas aktifitas semakin tinggi, dan waktu lebih lama, maka energi yang digunakan akan semakin besar.

1 komentar:

  1. Obesitas sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahayanya lagi bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Untuk sebab itu harus dilakukan pola makan teratur dan hidup sehat bisa dengan berolah raga atau yang lainnya, dan jangan lupa kenakan baju senam terbaru dan berkualitas untuk menunjang olahraga anda ^^

    BalasHapus