Sabtu, 27 Juli 2013

Faktor penyebab kegemukan

Faktor-Faktor Penyebab Kegemukan?

Kamis, 25 Juli 2013 23:10 

(c) shutterstock.comVemale.com - Jika seseorang banyak mengkonsumsi makanan banyak lemak, dan terjadi secara teratur dalam jangka waktu yang lama, apa yang akan terjadi? Ya, pasti orang itu akan mengalami kegemukan. Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak hanyalah salah satu penyebab terjadinya kegemukan atau dalam istilah kesehatan disebut obesitas.
Menurut webmd.com ada banyak faktor yang bisa menyebab seseorang menderita obesitas.
1.Faktor umur
Saat seseorang menjadi lebih tua, tubuhnya akan melakukan proses metabolisme lebih lambat sehingga tubuh menimbun banyak kalori sehingga bisa menyebebkan kegemukan.
2.Jenis kelamin
Wanita cenderung lebih gemuk daripada pria karena pria melakukan proses metabolisme lebih tinggi daripada wanita.
3.Faktor keturunan
Jika orang tua memiliki obesitas, maka gen obesitas dari orang tua ini bisa memberkan pengaruh berupa kemungkinan obesitas terhadap anak hingga 75%.
4. Lingkungan
Meskipun anda tidak memiliki keturunan orang tua yang obestitas, Anda masih berpeluang untuk mengalami kegemukan. Lingkungan Anda yang suka makan makanan berlemak akan menyebabkan Anda menjadi gemuk jika hal ini etrus terjadi pada Anda.
5.Latihan fisik yang kurang
Latihan fisik yang kurang akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh semakin banyak sehingga menjadikan tubuh lebih gemuk.
6.Faktor psikologi
Psikologi seseorang yang suka makan bisa menyebabkan obesitas. Selain itu kondisi pikiran yang bosan, sedih, atau marah bisa menjadikan seseorang itu banyak makan, inilah yang menjadikan seseorang yang stres mengalami obesitas.
Oleh: Lucky Kresna Putra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar